Hubungi Kami

 

Rumah Kreatif Merangin

Rumah Kreatif Merangin

Rumah Kreatif Merangin atau kerap di singkat Rukam adalah kumpulan atau 'tempat mangkalnya"  berbagai individu yang memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab untuk memelihara , membina, menjaga dan melestarikan kesenian di Kabupaten Merangin tanpa harus memandang status sosial, batasan usia, ataupun latar belakang kepercayaan setiap individu.

RuKam mencoba berdiri 6 Juni 2009 sebagai lembaga non-formal yang memberikan ruang kepada tunas-tunas muda untuk dapat tumbuh dengan baik dalam mengembangkan bakat seni yang mereka miliki, walaupun hal tersebut dilakukan ditengah masyarakat yang mulai tidak tahu bagaimana cara menikmati hidup melalui keindahan seni itu sendiri.

" Sebenarnya bangsa ini butuh yang sejati bukan yang munafik"
Alhendra Daulay


VISI 

Menjalin hubungan positif antar pelaku , pemerhati dan pecinta seni khususnya yang berada didalam wilayah Kabupaten Merangin.

MISI

Mencari dan membina bibit penerus penyambung estafet seni yang berkualitas , mandiri , dan memiliki apreasi tinggi dalam membangun , memelihara , dan terus melestarikan kesenian agar tidak menjadi bagian yang terlupakan didalam kehidupan bermasyarakat.

TUJUAN

Pada dasarnya seseorang yang memiliki dasar kreatifitas dan kesenian yang baik lebih cenderung memiliki sifat mandiri dan tidak pernah merasa terikat pada nilai-nilai dan norma umum telah ada sebelumnya.
Rukam selaku lembaga pendidikan non-formal diharapkan dapat menjadi wadah bagi individu dengan kategori tersebut diatas yang ingin melatih dan mengembangkan apresiasi serta bakat seni didalam dirinya dengan tepat dan terarah yang tidak mungkin mereka dapatkan di sekolah normal yang hanya memberikan pengajaran tentang nilai seni secara terbatas.

FUNGSI

• Edukatif : Memberikan ilmu pengetahuan dan pendidikan kepada siswa tentang pengetahuan non akademis seperti ilmu sastra , seni musik , teater gerak dan drama.

• Pembangunan Karakter : membentuk siswa yang disiplin , berpikir kritis , berani mengekspresikan diri , dan berkepribadian dinamis.

• Solidaritas : Melatih kerja sama dalam tim dan membangun toleransi antar anggota untuk mencapai tujuan bersam.

PROGAM UNGGULAN

Rumah Kreatif Merangin membagi diri menjadi beberapa divisi dengan tujuan agar tidak terjadinya benturan dan pengajaran ruang lingkup seni yang terlalu luas, sehingga siswa diharapkan dapat mempelajari apa yang mereka minati menjadi lebih terfokus pada pembagian seni yang terarah.

Adapun divisi Rumah Kreatif Merangin adalah sebagai berikut :

Divisi Theater

Inovatif dalam ide , kreatif dalam karya dan unggul dalam prestasi , meningkatkan daya kreasi dan proses kreatif pada setiap pementasan siswa yang tergabung dalam divisi ini , meningkatkan apresiasi sastra, musik , drama dan teatrikal , menjalin kerjasama antar komunitas seni , mandiri dan profesional dalam setiap pementasan , mengoptimalkan pelatihan dasar teater dan memaksimalkan potensi dalam rangka peningkatan prestasi, mengubah karakter individu menjadi lebih baik serta menyediakan wadah bagi siswa untuk mengapresiasikan bakat seni dan pelatihan kontrol emosi.

Divisi Musik dan Vokal

Divisi Musik memiliki tujuan untuk pengembanggan pendidikan musik yang ideal didalam suatu wadah yang otonom dan organisasi yang sehat , melatih siswa membaca dan memahami notasi dan menghayati lagu yang ia bawakan, karena musik adalah sebuah ekspresi nurani dasar yang memilki dunianya sendiri sebagai bahasa dan warna sarana ekspresi dan komunikasi.


Divisi Model dan Fashion

Divisi Model dan Fashion bertujuan untuk membentuk pribadi yang lebih percaya diri, menjadi fasilitator agar para siswa dapat mengarahkan bakatnya ke tahap yang lebih tinggi. 
Para siswa akan di bekali dengan teknik dasar modeling yang bertujuan agar mereka dapat memahami karakter , potensi dirinya masing-masing.
Memberikan pemahaman kepada siswa bahwa modeling bukan hanya sekedar teknik berjalan diatas catwalk atau hanya memakai busana minim saja , tetapi disini para siswa juga akan diarahkan untuk lebih mengenal kebudayaan daerah dengan memeragakan busana tradisional yang bertujuan untuk tetap menjaga rasa cinta terhadap budaya asli agar tidak terlupakan begitu saja.
  
Divisi Puisi dan Sastra

Mengajarkan  siswa untuk mengungkapkan perasan yang dituliskan oleh dirinya atau penyair lain agar dapat di utarakan menjadi sebuah bentuk tulisan yang sarat arti dan makna. 
Mengasah bakat siswa untuk lebih berpikir kritis dalam hal mengolah kata-kata sehingga mampu menyampaikan pesan atau ekspresi yang terkandung dalam puisi itu sendiri melalui emosi yang tepat agar dapat ditangkap dan dirasakan dengan jelas maksud dan perasaan yang terkandung oleh orang-orang yang mendegarnya.

Divisi Perupa

Divisi Perupa mengajarkan anak didiknya agar dapat mengekspresikan diri diatas media tertentu dengan mengolah konsep titik , garis , bidang , bentuk , volume , warna , tekstur dan pencahayaan dengan acuan estetika yang tepat. 
Mengarahkan anak didiknya agar dapat menemukan bakat sebernya yang mereka inginkan dalam bidang seni rupa , karena seni rupa dari segi fungsinya dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan , proses penciptaan seni rupa murni lebih menitik beratkan pada ekspresi jiwa misalnya pada lukisan , sedangkan seni rupa terapan prosses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu mislanya seni kriya.
Divisi Tari
Mengarahkan siswa agar dapat memahami konsep seni tari , mengajarkan bahwa gerakan tari adalah sesuatu berbeda dengan gerakan sehari hari seperti berlari, berjalan atau senam. Memberikan pengetahuan dan pengajaran kepada siswa hingga dapat menguasai beragam tarian tradisional atau kontemporer.
Mengubah mindset siswa tentang defenisi tari yang selama ini dianggap hanya gerakan terkonsep sesuai ketukan irama saja, tetapi tari adalah gerak yang telah diberi betuk ekspresif dan estetis. Suatu tarian merupakan perpaduan dari beberapa buah unsur yaitu raga , irama dan rasa. Disini siswa akan di bimbing untuk mengasah unsur-unsur tersebut agar dapat menari sesuai dengan estetika yang sebenarnya.

 
Susunan Kepengurusan Rumah Kreatif Merangin

Ketua Umum : Alhendra Daulay
Wakil Ketua : Yatno
Sekertaris : Asro Almurthawy
Bendahara : Gusnarti SE
Bidang Humas : Yanto Bulle
Divisi teater dan pertunjukkan : Wiko Antoni
Divisi Senirupa dan Instalasi : Yatno
Divisi Sastra dan Puisi : Asro
    
Jadwal Rumah Kreatif Merangin
  1. Pelatihan Seni Rupa pada Hari Rabu dan Jumat , Sanggar Warna Indonesia yang berlokasi di jalan P. Temenggung 35 Bukit Keramat Bangko
  2. Pelatihan Tari pada Hari Selasa , Kamis dan Sabtu , Divisi Tari Serai Serumpun yang beralamat di Lorong Pinang Sebatang , Sungai Mas Atas.
  3. Pelatihan Teater oleh Divisi Teater Sungkai pada hari Kamis dan Minggu yang berlokasi di Biduk Amo atau di Eks Gedung DPRD Bangko.

Prestasi yang pernah diraih anggota Rumah Kreatif Merangin
  1. Giananda Daulay  Juara I  Lomba Lukis Se-Provinsi Jambi yang diselenggarakan oleh Pihak Museum Negeri Jambi.
  2. Imam Rasyidbilhaq Rahmadiniga Daulay Juara III Lomba PLS2N Se-Provinsi Jambi
  3. Giananda Daulay Juara I Lomba Poster PU dan Sarah sebagai Juara III
  4. Giananda Daulay  Juara I Duta Sanitasi 2012 se-Provinsi Jambi
  5. Syarah Syahfitri Juara III Lomba Poster Sanitasi 2012
  6. Event dan Acara Yang Pernah Diikuti
  7. Pameran Lukis Harimau di Taman Budaya Jambi , Maret 2013
  8. Acara Pameran Lukis Harimau Nasional
  9. Numera dan Seminar Internasional , Padang , Maret 2012
  10. Alhendra Daulay Juri Lomba Fashion Tutup Tahun 2012 yang diadakan oleh Yamaha Sabang Raya Motor
  11. Lomba Lukis Kolektip Nasional di Jakarta yang bertempat di Galnas pada bulan Juli 2013
  12. Pameran Lukis Harimau Nasional II  di Merangin, Agustus 2013

Acara Yang Pernah Diselenggarakan

 Welcome 2011 dan Rumah Kreatif Merangin

Cara Bergabung

 Bagi kamu-kamu yang ingin gabung , bisa dilihat keterangan lengkap dibawah ini

Alamat : Jalan Pangeran Tumenggung No.35 RT/RW. 2/I kel Pasar Bangko
Telp. 0746-21889
email : alhendradaulayucok@yahoo.co.id 
Atau kunjungi : www.rumahkreativmerangin.blogpot.com

Ucapan terima kasih kepada abang kami Alhendra Daulay yang telah memberikan Halo Merangin persetujuan untuk dapat mengulas tentang Rukam yang selama ini telah ia bina. Kami pihak Halo Merangin selalu berharap dan selalu mendoakan semoga Rumah Kreatif Merangin tetap berkarya dan terus berjaya untuk tetap bersama-sama memajukan Kabupaten Merangin menjadi lebih baik.

Original Posted : Halo Merangin

Jumlah Komentar

Author

Halo Merangin

3   komentar

Anak muda yang tidak hanya duduk diam dan cuma bisa protes akan sesuatu
berani bertindak dan melakukan apa yang dia bisa.
salut , 2 jempol dari saya
semoga menjadi inspirasi anak anak muda lainnya
Titi Titanium Piercing Jewelry for Men | Shop Online
Titi Titanium Piercing Jewelry for Men. grade 23 titanium Titi Titanium Piercing Jewelry for titanium grey Men for Men price of titanium at the titanium pipe best online prices and offers. iron titanium token

Posting Komentar

Cancel Reply