Hubungi Kami

 

Pengaruh Kebudayaan Asing di Merangin

Jembatan Mayor Syamsudin Uban

Pengaruh Kebudayaan Asing di Merangin memiliki dampak yang cukup signifikan , jika membahas Kebudayaan Merangin maka erat kaitannya dengan kebudayaan Timur yang tentu saja menjadi kiblat kebudayaan negara kita Indonesia. 

Kabupaten Merangin dari dahulu selalu sarat akan nilai budi luhur ditopang dengan pengaruh kuat dari sisi agama , tutur bicara yang santun dan tau menempatkan diri di lingkungan masyarakat memperkuat bukti bahwa kita tumbuh dan berkembang berdasarkan ajaran nenek moyang sebagai orang timur yang sebenarnya. 
Merangin untuk saat ini sudah mengalami perubahan kebudayaan yang membawa pengaruh dari budaya merangin itu sendiri , hal ini dapat dilihat dari masyarakat yang lebih terbuka , dari nilai-nilai yang bersifat homogen menuju pluralisme nilai dan norma sosial merupakan salah satu dari dampak globalisasi. ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah merubah kita sencara mendasar, komunikasi dan saran transportasi initernasional telah menghilangkan batas-batas kebudayaan setiap bangsa , tergantung siapa yang memiliki "akar" yang paling kuat maka kebudayaan itulah yang akan bertahan.
Kita , Masyarakat Merangin sebagai satu kesatuan dari Negara Indonesia tentu saja terkait dengan Kebudayaan Timur yang lebih identik dengan unsur-unsur agama , inti kepribadian orang-orang timur terletak pada hati yang menjadi cikal bakal cara mereka bersikap , berbicara , intuisi , intelegansi bahkan berpengaruh tentang bagaimana cara mereka berpakaian. Pemikiran dari kebudayaan timur lebih mengutamakan kesederhanaan , ramah tamah , menjunjung tinggi adat istiadat . 
Sesuatu yang baik dari negara timur tidak semata mementingkan duniawi , cara mengekploitasi alam , atau hanya mencari kesenangan hidup saja , tapi juga mengutamakan mencari ketenangan secara batin yaitu dengan cara mendekatkan diri dengan zat yang menciptakan mereka sebelumnya.

Semakin menuanya usia kabupaten ini perlahan-lahan kebudayaan itu mulai memudar, di iringi semakin canggihnya teknologi manusia yang dapat bersosialisasi dimanapun dan kapanpun tanpa harus bertatap muka dibelahan bumi ini dalam hitungan detik. Hal tersebut bisa menjadi dua sisi mata pisau, jika kita tidak menggunakannya dengan cermat maka tentu saja akan menjadi bomerang dan berpengaruh buruk bagi penggunanya. 

     Jadi, dengan adanya budaya barat atau budaya asing di Kabupaten Merangin, dapat membawa dampak antara lain :
1. terjadi perubahan kebudayaan
2. pembauran kebudayaan
3. modernisasi
4. keguncangan budaya
5. penetrasi budaya
6. memperkaya keberagaman budaya
7. melemahnya nilai-nilai budaya bangsa

Jika ingin membandingkan, Kebudayaan Barat tetap memiliki sisi kontras jika dibandingkan dengan kebudayaan bangsa ini, dimulai dari cara mereka berinteraksi , memperlakukan seseorang , pergaulan, kepedulian antar sesama  , bahkan cara mereka berpakaian harus kita cermati dengan sungguh-sungguh agar tidak melenceng dari norma norma yang selama ini telah kita junjung tinggi. 

Masuknya kebudayaan barat juga mengurangi minat kita untuk mengkonsumsi produk lokal , bisa kita lihat contoh sehari hari dari tertinggalnya masakan tradisional yang sekarang sudah digantikan oleh makanan cepat saji yang bisa ditemukan di restoran 24 jam. 

Adanya kesenjangan sosial dimasyarakat adalah dampak dari kecanggihan teknologi yang mengurangi rasa kebersamaan dan nilai gotong royong , masyarakat cenderung menganggap segala bantuan itu hanya berdasarkan pada materi yang semakin memberikan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin. Berkembangnya gaya hidup yang kebarat-baratan menjadikan pola hidup bebas di masyarakat , para remaja sudah mengganggap bahwa pasangan yang masih belum memiliki ikatan dan tinggal serumah adalah hal biasa , hal ini dikarenakan sudah terkikisnya moral atau perilaku dan menjadikan masyarakat menganut gaya hidup hedonis.

Namun dibalik semua sangat tidak adil jika kita menyebutkan bahwa masuknya kebudayaan barat hanya membawa dampak negatif saja , cukup banyak sisi baik yang bisa kita adaptasi atau bahkan dapat kita terapkan dari mereka, dampak positif kebudayaan barat yaitu dapat mengubah masyarakat menjadi lebih berfikir rasional. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat kita sekaligus menjadi motivasi agar dapat menyamai mereka . perkembangan industri dalam memproduksi berbagai alat transportasi dan komunikasi yang berkualitas untuk meningkapkan taraf hidup masyarakat.



Tidak ada aturan baku utuk menentukan cara seseorang bersikap , tidak ada paksaan bagi seseorang agar harus mengikuti apa yang orang lain inginkan , tapi setidaknya kita tidak pernah lupa cara ibu pertiwi bersikap. cara ibu pertiwi bertutur , dan cara ibu pertiwi merangkul anak-anaknya untuk tetap bergandengan tangan mempererat tali persaudaraan sebagai satu kesatuan bangsa yang berbudi luhur.

Jumlah Komentar

Author

Halo Merangin

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply