Hubungi Kami

 

Kebudayaan Merangin

Keterangan gambar atau photo
Cara hidup yang berkembang di Kabupaten Merangin yang diwarisi turun temurun dari generasi terdahulu , Kebudayaan Merangin terbentuk dari banyak unsur yang rumit , termasuk sistem agama dan politik , adat istiadat , perkakas , pakaian bangunan dan karya seni. Bahasa daerah Merangin juga menjadi bagian yang tidak terpisahkan sehingga banyak orang cenderung menganggapnya bagian secara genetis . Ketika Masyarakat merangin berusaha berkomunikasi dengan daerah luar yang memiliki perbedaan kebudayaan dan menyesuaikannya , maka hal itulah yang menunjukan bahwa kebudayaan itu sendiri telah dipelajari.
Kebudayaan Merangin merupakan keseluruhan yang kompleks , didalamnya terkandung pengetahuan , kepercayaan , kesenian , moral , hukum . adat istiadat , dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. hal tersebut akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran masyarakat , sehingga dalam kehidupan sehari-hari kebudayaan itu sendiri akan bersifat abstrak .Sedangkan perwujudan Kebudayaan Merangin adalah benda-benda yang diciptakan sebagai makhluk sosial yang berbudaya, berupa perilaku dan benda benda yang bersifat nyata , misalnya pola perilaku , bahasa asli daerah , peralatan hidup , organisasi sosial , religi , seni dan lain lain, yang kesemuanya ditunjukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat


Komponen Kebudayaan Merangin

Sistem Kepercayaan
Masyarakat Merangin mengembangkan dan membangun sistem kepercayaan atau keyakinnan terhadap sesuatu ,

Bahasa
Alat Pengantar Komunikasi

Lembaga Sosial
Sistem sosial yang terbentuk dalam suatu Negara akan menjadi dasar dan konsep yang berlaku pada tatanan sosial masyarakat. Contoh Di Kabupaten Merangin, wanita tidak perlu sekolah yang tinggi apalagi bekerja pada satu instansi atau perusahaan. Tetapi di kota – kota besar hal tersebut terbalik, wajar seorang wanita memilik karier.

Kebudayaan Material
Mengacu pada semua ciptaan masyarakat yang nyata, konkret. Termasuk dalam kebudayaan material ini adalah temuan-temuan yang dihasilkan dari suatu penggalian arkeologi: mangkuk tanah liat, perhisalan, senjata, dan seterusnya.

Kebudayaan Non Material
Ciptaan-ciptaan abstrak yang diwariskan dari generasi ke generasi, misalnya berupa dongeng, cerita rakyat, dan lagu atau tarian tradisional.
Event Lomba Tari Merangin

Jumlah Komentar

Author

Halo Merangin

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply